TUGAS
MANDIRI
PROPOSAL
BISNIS
Mata Kuliah:
Technopreneurship dan Industri Kreatif
NPM : 110210095
Kode
Kelas : 141-MN028-M5
Dosen : Alpino
Susanto, S.Pd., M.M.
UNIVERSITAS
PUTERA BATAM
2015
KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur saya panjatkan kepada Tuhan yang
maha esa. sehingga oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas kewirausahaan
ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini
adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh Bpk dosen pada mata
kuliah Technopreneurship. Dalam proses
penyusunan proposal ini kami menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil
dari berbagai pihak, akhirnya saya dapat menyelesaikan proposal ini dengan
cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini saya menyampaikan
terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang
telah membantu menyelesaikan proposal ini.
Batam, 12 januari 2015
Hendrik
sudefri
IDENTIFIKASI
PELUANG BISNIS
Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya
kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan
fashion, maka saya memiliki inisiatif untuk membuka suatu usaha distro yang up
to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat yang umumnya kalangan remaja.
Perumahan Komplek monang merupakan perumahan yang
relatif lama dibangun dan mayoritas masyarakat di Perumahan tersebut adalah
masyarakat yang mempunyai pola pikir yang sudah maju dan modern. Mereka
seringkali mencari fashion-fashion ataupun kebutuhan lainnya yang ter
up to date.
Daerah sekitar Perumahan ini sangat tepat untuk
membuka usaha distro, karena hingga saat ini sangat sedikit sekali atau boleh
dikatakan belum ada tempat yang memberi pelayanan kebutuhan fashion di
sekitar.
Perusahaan Bisnis Distro ini berdiri atas kerjasama serta keinginan saya
dan teman saya yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam bidang fashion,
karena sering bertemu dalam berbagai kegiatan di bidang fashion dan desain,
saya dan teman saya ini berpikir untuk mendirikan sebuah usaha Distro yang
dinamakan Laspagha’Dostri yang berdiri di kota Batam.
RINGKASAN
USAHA
Latar
Belakang
Melihat tingkat minat masyarakat terhadap perkembangan
fashion yang semakin meningkat,
maka saya berinisiatif untuk membuka suatu usaha yang up to date
dan mengerti akan kebutuhan masyarakat mengenai new fashion. Di sini saya berinisiatif untuk
membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan akan fashion bagi
mereka yang memiliki hobi dan kegemaran dalam memiliki barang-barang yang up
to date. Sehingga saya mendirikan Laspagha’Distro ini untuk memenuhi
kebutuhan mereka tersebut.
Disamping
itu, masyarakat dilingkungan tempat saya tinggal pada umumnya telah memiliki
pola pikir yag sudah maju dan modern dan mereka senantiasa mencari fashion ataupun
kebutuhan lainnya yang ter up to date. Sehinga sangat cocok untuk
membuka usaha distro, karena sampai saat ini belum ada tempat pelayanan
kebutuhan fashion disekitar lingkungan tempat tinggal saya.
Visi dan
Misi
Visi
: Mitra dan
solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion
yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
Misi
: Memberikan
dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
Motto :”Laspagha Distro: The Satisfied Of Customers Is Number
One”
Lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis di
Perumahan Komp. Monang A.20 karena berada di lingkungan padat penduduk umum nya
banyak anak remaja, lokasi mudah terlihat dan berada di jalan utama perumahan
yang merupakan jalan lalu lalang masyarakat sekitar sehingga dapat dengan mudah
dicari dan didatangi.
Ruangan /
Tempat yang dibutuhkan
Ruangan / Tempat yang dibutuhkan pada awal membuka
usaha distro ini tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu sempit, yakni 1 Waktu
Operasional
Waktu untuk melakukan pelayanan usaha distro ini
dibuka dari pukul 08.30 pagi sampai dengan pukul 22.00.
Kesan / Counter
Style
Kesan yang akan saya bangun dalam melayani pelanggan
adalah ”Comfortable and High Quality Service” sehingga pelanggan
merasa nyaman berada di tempat saya dan membuat mereka selalu ingin kembali karena
pelayanan yang memuaskan dari Distro saya.
·
DESKRIPSI
USAHA
Produk yang
dihasilkan
Semakin tingginya kebutuhan
masyarakat akan pakaian dan fashion lainnya sehingga menghabiskan sampai 3,5
lusin pakaian dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang semakin marak
digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh anak remaja.
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang saya
hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
o Berkualitas
tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
o Bermacam-macam
bentuk dan ukurannya dengan style yang up to date
o Hasil sablon
sangat rapi dan tidak mudah luntur walau beberapa kali cuci.
Kegunaan produk
Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam
fungsi dan manfaat
Selain itu, produk yang saya pasarkan mempunyai
beberapa keistimewaan, diantaranya :
o Harga terjangkau
oleh kemampuan konsumen,
o kualitas
produk terjamin
o sesuai
dengan selera masyarakat
Ruang
Lingkup Usaha
Ruang
lingkup lingkup usaha distro ini saya rancang dengan sebaik mungkin karena
semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan saya, maka dari
itu saya berusaha memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen. Perusahaan
Laspagha’Distro terletak di kota Padang – Sumatera Barat. Distro ini
sudah memenuhi persyaratan berdirinya sebuah perusahaan, karena lokasi tersebut
berada tepat di pemukiman penduduk dan akses transportasi menuju lokasi
perusahaan sangat lancar.
Personalia
dan Perlengkapan Kantor
Pemilik
: Andi Asbulah
· SRATEGI
/ANALISIS SWOT
Strategi
Promosi usaha
Strategi yang akan saya jalankan pada perusahaan ini
antara lain :
• Membuat
pamphlet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
• Melakukan
iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
• Membuat
catalog-katalog mengenai fashion yang sedang uptodate di distro
ANALISIS SWOT
Strength (Kekuatan)
a. Keunggulan
produk
Saya menawarkan suatu produk yang up to date serta memiliki corak khas
Indonesia pada umumnya dan khas Padang pada khusunya.
b. Keterampilan
dan keahlian
Saya memiliki keterampilan untuk melakukan
penataan ruangan yang dapat menarik minat pelanggan untuk berbelanja, dan
keahlian memadukan motif tradisional dan modern dalam mendesain pakaian.
c. Bahan
baku yang berkualitas
Hasil sablon
sangat rapi dan tidak mudah luntur walau beberapa kali cuci serta terdiri dari
merek merek yang terkenal.
Bentuk
produk yang di tawarkan.
Weakness (Kelemahan)
a. Belum memiliki
cukup pengalaman
Pengalaman
untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang
harus diatasi.
Opportunities ( Peluang )
a. Banyaknya konsumen
Banyaknya masyarakat (khususnya kaum remaja) yang memiliki hobi dan
kegemaran berburu barang utamanya fashion yang up to date yakni
perlengkapan seperti pakain dan aksaesoris lainnya.
b. Sistem pemasaran
Pemasaran bisa dibilang cukup mudah karena saya hidup di lingkungan
masyarakat(khususnya kaum remaja) yang mayoritas memiliki pola pikir yang sudah
maju dan modern.
Threats ( Ancaman )
a.
Banyaknya
barang mitasi(bajakan)
Pemasaran barang-barang mitasi
banyak beredar di pasaran yang dijual murah sehingga hal ini sedikit banyaknya
dapat mempengaruhi minat belanja di distro ini.
· RENCANA PEMASARAN
Konsep
Promosi
Membuat sebuah display di pintu gerbang perumahan dan
mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur
promosi.Selain itu, saya juga membuat advertisement secara on-line di
internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi
atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini saya optimis Laspagha’Distro
akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.
Target
Pelanggan
Target pelanggan Distro ini adalah : masyarakat atau
anak remaja yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate.
Mereka adalah pengguna baju-baju distro yang memiliki ciri khas tertentu serta
kualitas yang terjamin.
Analisis
Persaingan
Berdasarkan
pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang saya
dirikan usaha distro ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian
dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan serta fasilitas lengkap yang
memadai.
Proses
Produksi
Proses
produksi yang saya jalankan dalam perusahaan Laspagha’Distro ini dapat dilihat
pada bagan berikut :
Sumber-sumber
Produk / Bahan
Untuk
sumber-sumber bahan baku atau supplier pakaian, saya mengambil dari supplier
atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti kualitas pakaiannya dengan
model dan corak yang menarik konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak
merugikan berbagai pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang membelinya.
Penetapan
Harga
Harga yang akan dikenakan adalah
harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah
memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya saya tetapkan sebagai harga awal
berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk
selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
No.
|
Jenis Produk
|
Harga
|
1
|
Kemeja
|
>
Rp. 80.000,-
|
2
|
Kaos
|
> Rp. 90.000,-
|
3
|
Jeans
|
> Rp. 180.900,-
|
4
|
Gaun
|
> Rp. 235.800,-
|
5
|
Kerudung
|
> Rp. 69.900,-
|
6
|
Rok
|
> Rp. 109.900,-
|
7
|
Jaket
|
> Rp. 199.900,-
|
8
|
Aksesoris
|
Rp. 24.500,- s.d Rp. 78.900,-
|
Pelaksanaan Distribusi
Distribusi
yang dilakukan perusahaan saya yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak
mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati
konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan
yang sebanyak-bantaknya.
PERENCANAAN PERMODALAN
Sumber-sumber
permodalan
Sebagai sumber
awal mula pendirian Laspagha’Distro yaitu dari pemilik distro sendiri. Sebagai
investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan.
Neraca
Permulaan Perusahaan
a)
Biaya produksi per tahun terdiri dari:
1.
Modal Awal produksi
Renovasi
Awal & Desain Interior
|
Rp. 10.000.000,-
|
|
Kulakan
baju grosir
|
Rp. 65.000.000,-
|
|
Biaya Soft
Opening dan Promosi awal
|
Rp. 3.000.000,-
|
|
Biaya gaji
karyawan tahun pertama
|
Rp. 10.000.000 ,- +
|
|
Jumlah
Modal Produksi
|
Rp. 88.000.000,-
|
2.
Biaya lain-lain
·
Listrik
Rp. 2.500.000,-
·
Asuransi
Rp. 3.000.000,-
·
Transportasi
Rp. 2.000.000,-
·
Administrasi
Rp. 1.000.000,-
·
Pajak
Rp. 100.000,-
·
Pemeliharaan
gedung dan peralatan Rp.1.500.000,- +
Jumlah biaya lain-lain Rp. 9.100.000,-
Jumlah biaya lain-lain Rp. 9.100.000,-
Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi
Rp. 88.000.000,-
Jumlah biaya
lain-lain
Rp. 9.100.000,- +
Total
Rp. 97.100.000,-
Proyeksi Aliran
Kas
Untuk distro saya proyeksi
keuntungan kotor adalah 50% dari penghasilan. Rata-rata untuk distro saya ini
akan di targetkan mampu menjual sekitar 100 lebih juta pertahun, sehingga jika
diambil keuntungan bersih pertahun adalah sekitar 35 – 40 juta pertahun.
Sehingga, pada tahun kedua, saya
sudah bisa mengembalikan modal saya. Dan tahun ke 3, 4 dan seterusnya,
saya tinggal mengumpulkan untung dan
kemungkinan besar saya gunakan untuk ekspansi ke luar daerah.
Perencanaan
Laba Rugi
INVESTASI
|
JUMLAH
(RP)
|
|
Biaya
tetap
|
||
1.
Penyusutan gedung dan peralatan
|
Rp.
1.000.000,-
|
|
2.
Gaji pegawai
|
Rp.
10.000.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp.
11.000.000,-
|
|
Biaya
variable/ produksi
|
||
Kulakan
baju grosir
|
Rp.
65.000.000,-
|
|
Jumlah
|
Rp.
65.000.000,-
|
|
Biaya-biaya
lain
|
||
1.
Listrik
2.
Asuransi
3.
Transportasi
4.
Administrasi
5.
Pajak
|
Rp.
2.500.000,-
Rp.
3.000.000,-
Rp.
2.000.000,-
Rp. 1.000.000,-
Rp.
100.000,-
|
|
Total
Modal produksi
|
Rp.
8.600.000,-
|
|
TOTAL
MODAL (PENGELUARAN)
|
Rp.
74.600.000,-
|
|
Pendapatan
|
||
Penjualan
aneka pakaian dan fashion
|
Rp.
115.000.000,-
|
|
TOTAL
PENDAPATAN
|
Rp.
115.000.000,-
|
|
PROYEKSI
LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total
Pendapatan
Total
modal / Pengeluaran
|
Rp.
115.000.000,-
Rp.
74.600.000,-
|
|
TOTAL
KEUNTUNGAN BERSIH
|
Rp.
40.400.0000
|
|
No comments:
Post a Comment